Cara menggabungkan bpjs kesehatan suami & istri

Untuk anggota keluarga yang sudah menikah bisa kita keluarkan dari kepesertaan bpjs keluarga kita dan mereka bisa bergabung dengan kepesertaan bpjs suami atau istrinya.

Kita ketahui bersama, bahwa saat ini semua anggota keluarga yang tercantum di kartu keluarga (KK) saat ini semuanya harus ikut didaftarkan menjadi peserta BPJS, begitu juga untuk pembayaran premi bulanan, saat ini menggunakan sistem Virutal account keluarga (VA Keluarga), artinya satu kali transaksi pembayaran untuk seluruh anggota keluarga terdaftar sesuai dengan KK.

Anggota keluarga yang sudah terdaftar menjadi peserta bpjs bisa dikeluarkan dari tanggungan keluarga, apabila anggota keluarga tersebut menikah dan sudah pindah KK bersama pasangannya (suami/istri). kepesertaan peserta bisa digabung dengan kepesertaan pasangannya (suami atau istri).

Dengan mengeluarkan anggota keluarga yang sudah menikah maka iuran untuk anggota keluarga tersebut tidak lagi menjadi tanggungan keluarganya, sehingga iuran satu keluarga tersebut bisa berkurang.

Cara menggabungkan bpjs kesehatan suami & istri

menggabungkan bpjs suami istri

Untuk anda peserta bpjs yang saat ini sudah menikah, alangkah baiknya anda membuat Kartu keluarga baru, kemudian anda menggabungkan kepesertaan bpjs anda bersama suami atau istri anda, dengan keluar dari kepesertaan bpjs tanggungan keluarga anda.

Untuk menggabungkan bpjs kesehatan suami istri yang sudah menikah saat ini belum bisa diproses secara online, tapi harus datang langsung ke kantor bpjs, langkah-langkah adalah sebagai berikut:

1. Copy Kartu Keluarga (KK) Suami
2. Copy Kartu Keluarga (KK) Istri
3. Copy dan Asli KK terbaru Suami dan Istri
4. Copy dan Asli KTP Suami
5. Copy dan Asli KTP Istri
6. Asli Kartu BPJS /KIS Suami
7. Asli Kartu BPJS/KIS Istri.

Setelah persyaratan siap, silahkan langsung menuju kantor BPJS setempat sesuai dengan Alamat KK baru anda.

Petugas BPJS akan mengeluarkan anda dari kepesertaan lama bpjs keluarga anda, kemudian akan menggabungkan kepesertaan bpjs anda bersama suami atau istri anda.

Dengan menggabungkan kepesertaan, maka selanjutnya anda harus membayar iuran bpjs anda bersama psangan anda, dan keluarga anda yang sebelumnya menanggung bpjs anda tidak lagi harus membayar iuran bpjs anda.

Semoga informasi mengenai Cara menggabungkan bpjs kesehatan suami & istri di atas bermanfaat untuk anda.

loading...

0 Response to "Cara menggabungkan bpjs kesehatan suami & istri"

Post a Comment

Anda punya pertanyaan seputar BPJS, silahkan ajukan pertanyaan anda di kotak komentar, barangkali saya bisa membantu!. Komentar Anda akan Muncul Setelah disetujui!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel