Mengenal Penyebab Kolesterol tinggi di dalam darah?

Mengenal Penyebab Kolesterol tinggi dalam darah? - Kolesterol secara normal memang ada di dalam tubuh, sebenarnya Kolestrol adalah lemak yang terdapat di dalam aliran darah atau sel tubuh yang keberadaanya dibutuhkan sebagai bahan baku membentuk sejumlah hormon, membantu tubuh memproduksi vitamin D, membantu tubuh memproduksi asam empedu untuk mencerna lemak agar dapat dibuang bersama kotoran dan juga untuk membantu membangun sel-sel baru agar tubuh bisa tetap berfungsi secara normal. 

Keberadaan kolesterol di dalam tubuh bisa menyebabkan timbulnya berbagai macam penyakit seperti jantung koroner dan penyakit lainnya jika kadar kolesterol tinggi, penyebab tingginya kolesterol dalam tubuh bisa disebabkan oleh beberapa faktor, yang paling utama yang dapat memicu tingginya kolesterol di dalam tubuh adalah karena faktor gaya hidup tidak sehat.


Bahkan Menurut laporan WHO pada tahun 2011, diperkirakan sekitar 35% penduduk Indonesia memiliki kadar kolesterol lebih tinggi dari batas normal yang baik untuk kesehatan. Artinya sepertiga penduduk Indonesia berisiko tinggi terkena penyakit arteri.


Penyebab kolesterol tinggi di dalam darah


Mengenal Jenis Kolesterol di dalam tubuh

Kolesterol berada di dalam darah karena dibawa oleh protein. Gabungan antar kolesterol dengan protein didalam tubuh disebut dengan lipoprotein, ada 2 jenis lopoprotein yang ada di dalam tubuh, yaitu lipoprotein dengan kepadatan rendah (LDL) dan lipoprotein dengan kepadatan tinnggi (HDL), LDL disebut juga sebagai kolesterol jahat dan HDL disebut sebagai kolesterol baik, kedua lipoprotein tersebut memiliki perannannya masing-masing.

LDL bertugas mengangkut kolesterol dari organ hati ke sel-sel tubuh yang membutuhkan, jika jumlah kolesterol melebihi kadar normal yang diperlukan, maka kolesterol jahat tersebut dapat mengendap pada dinding-dinding arteri sehingga dapat menyumbat peredaan darah dan menyebabkan berbagai penyakit, sedangkan HDL bertugas mengangkut kolesterol kembali ke dalam organ hati. Di dalam hati, kolesterol akan dihancurkan atau dikeluarkan oleh tubuh melalui kotoran.

Kadar kolesterol dalam darah yang disarankan bisa beragam, tergantung apakah orang tersebut memiliki risiko lebih tinggi atau lebih rendah untuk terkena penyakit pembuluh arteri. Jumlah kolesterol dalam darah bisa diukur dengan melakukan tes darah. Anda sebaiknya melakukan pemeriksaan kadar kolesterol dalam darah jika kelebihan berat badan, memiliki tekanan darah tinggi, berpenyakit diabetes, atau memiliki penyakit lainnya yang dapat meningkatkan kadar kolesterol.

Diagnosis kadar kolesterol juga dianjurkan jika seseorang memiliki keluarga dekat yang menderita penyakit akibat kolesterol, atau keluarga dekat yang memiliki riwayat penyakit kardiovaskular pada usia dini. Bagi mereka yang pernah terdiagnosis memiliki penyakit jantung koroner, stroke ringan, atau penyakit arteri perifer, disarankan melakukan pemeriksaan ini juga.


Penyebab Kolesterol tinggi di dalam darah

Ada banyak faktor yang bisa menyebabkan kenapa kolesterol di dalam tubuh bisa tinggi, beberapa penyebabnya di antaranya adalah sebagai berikut:

a. Faktor obesitas dan memiliki lingkar pinggang berlebih
Faktor yang pertama penyebab tingginya kolesterol adalah faktor obesitas atau kegemukan berlebih. Badan dapat dikatakan memiliki lingkar pingggang berlebih jika lingkar pinggang melebihi 90 cm untuk laki-laki dan 80 cm untuk perempuan.

b.  Kurang melakukan aktivitas fisik seperti berolah raga secara rutin.
Jarang berolahraga juga bisa menyebabkan meningkatnya kadar kolesterol dalam tubuh.

c. Perokok aktif
Di dalam rokok ditemukan zat yang bernama akrelin yang dapat menghambat HDL (kolesterol baik) untuk mengangkut timbunan lemak dari tubuh untuk di bawa ke hati untuk di buang bersama kotoran. sehingga terhambatnya HDL dapat menyumbat arteri dan  dapat mengalami penyempitan arteri (aterosklerosis)

d. Terlalu banyak mengkonsumsi makanan yang memiliki kadar lemak jenuh yang tinggi 
Beberapa makanan yang memiliki kadar lemak jenuh tinggi diantaranya adalah  santan, otak sapi, jeroan, daging kambing daging unggas dengan kulit, udang, kerang, cumi dan telur puyuh.

e. Karena faktor genetik atau keturnan 
Kondisi ini disebut juga sebagai (familial hypercolesterolameia), satu dari 500 orang mengidap kolesterol karena faktor ketutunan, seseorang yang memiliki koleterol dengan kodisi ini akan kesulitan mengendalikan kolesterol tinggi, sehingga beresiko menderita gangguan jantung dini.

Jika ada dari keluarga anda terutama dari keluarga laki-laki saudara, ayah atau paman terkena stoke atau penyakit jantung koroner di bawah usia 55 tahun maka anda juga memiliki resiko terkena kolesterol tinggi, begitu juga jika saudara perempuan, ibu atau bibi anda menderita kolesterol tinggi di bawah usia 65 tahun maka anda juga memiliki resiko terkena kolesterol tinggi.

f. Faktor Ras dan Usia juga punya potensi
Beberapa ras di dunia seperti ras banglades, india, pakistan memiliki potensi terkena kolesterol tinggi begitu juga semakin bertambahnya usia, resioko terkena kolesterol tinggi akan semakin meningkat.

g. Penderita penyakit tertentu
Penderita penyakit seperti tekanan darah tinggi, jantung, kelenjar tiroid, penyakit hati dan juga penderita penyakit ginjal, memiliki potensi memiliki kolesterol tinggi


Dengan mengetahui penyebab kadar kolesterol bisa tinggi di dala darah bisa mengantisifasi kita agar memiliki gaya hidup sehat dengan secara rutin berolah raga dan menjaga makanan-makanan dengan selalu mengkonsumsi makanan sehat.

loading...

No comments:

Post a Comment

Anda punya pertanyaan seputar BPJS, silahkan ajukan pertanyaan anda di kotak komentar, barangkali saya bisa membantu!. Komentar Anda akan Muncul Setelah disetujui!