Panduan Cara Bayar Iuran BPJS lewat ATM (BNI BRI atau MANDIRI)


Cara membayar BPJS Itu sangatlah mudah, karena sudah banyak alternatif metode pembayaran yang tersedia, bahkan saat ini pihak BPJS sudah menyediakan beberapa cara yang bisa kita gunakan untuk membayar iuran BPJS, beberapa diantaranya bisa melalui ATM (Bank Mandiri, BRI maupun BNI), bisa melalui Petugas BANK dan  bisa juga lewat jasa pihak ke 3, seperti alfamart, indomart, kantor pos dan pihak ke 3 lainnnya.

Tapi Menurut saya pribadi cara bayar bpjs yang paling praktis adalah lewat ATM Bank, baik itu bank BNI, BRI maupun Mandiri. Jika anda ingin melakukan pembayaran BPJS melalui ATM bank, jangan lupa untuk membawa kartu BPJS anda atau virtual account yang anda dapatkan pada saat melakukan pendaftaran bpjs

Panduan Cara Membayar BPJS Lewat ATM Bank

Kali ini saya akan share langkah-langkah membayar iuran BPJS via ATM Bank BRI,
Apapun banknya baik ATM bank Mandiri, BRI maupun BNI.

Sebenarnya langkah-langkah membayar iuran BPJS melalui ATM sangatlah mudah dan relatif sama, namun ingat, anda harus tau bahwa membayar iuran BPJS melalui ATM sistemnya bukan transfer, tetapi melalui menu khusus yang sudah tersedia di ATM bank yang dituju tersebut.

Contoh kasus saya akan menggunakan langkah-langkah membayar iuran BPJS melalui ATM Bank Mandiri, Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:

1. Jangan lupa bawa kartu ATM Anda bawa juga kartu peserta BPJS anda atau virtual account, anda juga bisa menulis no kartu di secarik keretas untuk tiap-tiap peserta yang akan dibayarkan iurannya,

2. Cari dan Pilih Lokasi ATM yang AMAN

3. Setalah berada di dalam ATM, Silahkan masukan kartu ATM Anda kemudian masukan PIN atm Anda.

4. Pada menu yang tersedia, pilih menu Bayar/Beli, kemudian tekan menu Lainnya. seperti terlihat pada gambar di bawah ini:

Cara Bayar BPJS lewat ATM Bank Mandiri

5. Pada layar berikutnya pilih Menu BPJS, kemudian pilih lagi menu BPJS Kesehatan untuk membayar iuran BPJS kesehatan, seperti gambar di bawah ini:

Bayar Iuran BPJS Kesehatan Melalui ATM
6. Kemudian pada langkah selanjutnya, Untuk membayar iuran BPJS Mandiri atau perorangan pilih Individu, atau untuk membayar iuran BPJS PPU yang ditanggung perusahaan pilih Menu Badan Usaha. Lalu masukan No Kartu BPJS anda atau no virtual Account peserta BPJS yang bersangkutan. kemudian tekan tombol Benar jika data yang diinput benar, terlihat seperti gambar di bawah ini:

Bayar iuran bpjs kesehatan melalui atm

7. Pada langkah berikutnya, anda akan diminta untuk memasukan Nominal Uang, silahkan masukan nominal pembayaran sesuai dengan informasi yang tertera di layar Mesin ATM .

Pemayaran iuran bpjs badan usaha melalui atm
Sebagai contoh bisa dilihat pada gambar di atas untuk kasus membayar iuran bpjs untuk badan usaha.

8. Dilangkah berikutnya anda akan menuju layar konfirmasi pembayaran seperti gambar di bawah ini:

Pembayaran iuran BPJS Kesehatan via atm
Jika data sudah dipastikan benar silahkan tekan tombol YA, seperti terlihat pada gambar diatas.


Sampai langkah di atas anda sudah berhasil membayar iuran bpjs kesehatan, kasus di atas adalah pmebyaran iuran bpjs untuk perusahaan atau badan usaha, tapi untuk mandiripun langkahnya hampir sama, namun menu yang dipilih ketika proses pembayaran adalah individu.

Demikian tentang Cara Bayar Iuran BPJS lewat ATM (BNI BRI atau MANDIRI), semoga membantu.

loading...

No comments:

Post a Comment

Anda punya pertanyaan seputar BPJS, silahkan ajukan pertanyaan anda di kotak komentar, barangkali saya bisa membantu!. Komentar Anda akan Muncul Setelah disetujui!