Tips Cerdas Memilih Faskes TK1 BPJS yang paling tepat

Ketika daftar BPJS, salah satu yang harus anda pikirkan sebelum melakukan pendaftaran BPJS adalah menentukan Faskes tingkat 1, apa itu faskes tingkat 1?, faskes tingkat 1 atau sering juga disebut sebagai fasilitas kesehatan tingkat pertama (FKTP) adalah fasilitas kesehatan yang sudah melakukan kerjasama dengan BPJS kesehatan yang meliputi :

  • Puskesmas atau yang setara, 
  • Poliklinik atau yang setara
  • Praktek dokter
  • Praktek dokter gigi.
  • Rumah sakit kelas D pratama atau yang setara

Nama Faskes tk 1 yang anda pilih akan dicantumkan di kartu BPJS anda dengan label faskes tk1, nama fasilitas kesehatan tersebut adalah fasilitas kesehatan yang harus anda kunjungi atau datangi pertamakali ketika anda melakukan pengobatan dengan jaminan BPJS agar biaya ditanggung sepenuhnya oleh BPJS.


Tips Cerdas Memilih Faskes TK1 BPJS yang paling tepat

 

Tips Cerdas Memilih Faskes tingkat 1 yang paling tepat.

Faskes yang sudah  berkerjasama dengan BPJS untuk saat ini sudah banyak tersebar disetiap wilayah kabupaten atau kota, bahkan setiap fasilitas kesehatan hampir seluruhnya sudah menjadi fasilitas kesehatan tingkat pertama BPJS, sehingga anda akan memiliki banyak pilihan faskes sesuai dengan yang anda minati.

Berikut adalah tips cerdas memilih fasilitas kesehatan tingkat 1 yang paling tepat untuk anda, berikut :

1. Pilih fasilitas Kesehatan yang paling dekat dengan tempat tinggal anda.

Yang pertama yang harus anda prioritaskan ketika memilih fasilitas kesehatan tk1 adalah pastikan untuk memilih fasilitas kesehatan yang terdekat dengan tempat tinggal anda dan terjangkau serta mudah diakses.

Ingat fasilitas kesehatan tk 1 adalah fasilitas kesehatan yang pertama kali harus anda kunjungi ketika melakukan pengobatan dengan BPJS, sehingga dengan memilih fakse tk1 yang paling dekat akan membantu memudahkan anda lebih cepat mendapatkan pelayanan kesehatan ketika anda sakit.

2. Pilih Faskes tk1 yang buka 24 jam.

Beberapa fasilitas kesehatan ada yang buka sampai sore, sebaiknya anda memilih fasilitas kesehatan yang buka selama 24 jam, agar anda bisa dengan mudah mendapatkan pelayanan kesehatan manakala anda sakit kapanpun.

3.  Pilih fasilitas kesehatan yang sudah dilengkapi dengan rawat inap

Pilih juga fasilitas kesehatan yang memiliki fasilitas rawat inap dan sudah bekerjasama dengan BPJS, fasilitas kesehatan yang memiliki unit rawat inap akan lebih memudahkan peserta BPJS manakala harus dirawat inap, sehingga tidak harus dirujuk ke rumah sakit RSUD.

4. Pilih fasilitas kesehatan dengan fasilitas lengkap.

Fasilitas yang dimiliki setiap fasilitas kesehatan berbeda-beda, ada yang lengkap, seperti tersedianya pemeriksaan lab, radiologi, dan fasilitas lainnya, semakin lengkap fasilitas yang dimiliki oleh fasilitas kesehatan itu bisa menjadi pertimbangan anda untuk memilih fasilitas kesehatan tersebut sebagai faskes tk1 bpjs anda.

5. Jika anda mimilih praktek dokter atau prakter dokter gigi.

Pilih dokter langganan anda yang anda percayai dan anda merasa nyaman.


Dengan memilih fasilitas kesehatan tingkat pertama yang tepat maka anda akan dengan mudah mendapatkan layanan kesehatan manakala anda sakit.

Demikian artikel tentang Tips Cerdas Memilih Faskes TK1 BPJS yang paling tepat semoga membantu.
loading...

No comments:

Post a Comment

Anda punya pertanyaan seputar BPJS, silahkan ajukan pertanyaan anda di kotak komentar, barangkali saya bisa membantu!. Komentar Anda akan Muncul Setelah disetujui!