#4 Cara Membayar Iuran BPJS Jika tidak Memiliki ATM atau rekening bank

Ada banyak sekali fasilitas pembayaran premi atau iuran bulanan BPJS yang sudah disediakan oleh pihak bpjs, beberapa diantaranya adalah melalui ATM-ATM bank yang sudah bekerja sama dengan BPJS (BNI, BRI, BTN dan Mandiri), melalui PPOB yang sudah tersedia di Minimarket seperti alfamart dan Indomart, Melalui Kantor Pos yang sudah berjalan di beberapa kota, melalui teler bank yang sudah bekerjasama dengan BPJS dan juga bisa melalui autodebet rekening di bank yang sudah bekerjasama dengan BPJS.

Tersedianya fasilitas pembayaran tersebut adalah untuk meminimalisir keterlambatan pembayaran iuran yang dilakukan oleh peserta sekaligus memberi kemudahan kepada setiap peserta untuk melakukan pembayaran iuran dengan memilih alternatif yang paling mudah dan cepat.

Cara Membayar iuran BPJS diminimarket alfamart dan indomart


Kita ketahui bersama bahwa Peserta BPJS tidak semuanya memiliki ATM bank atau tidak semuanya memiliki rekening bank, contohnya untuk peserta BPJS kelas 3, mereka tidak diwajibkan memiliki atm atau rekening bank bahkan dipersyaratanpun kepemilikan rekening bank tidak wajib untuk peserta BPJS yang mengambil kelas 3, kecuali untuk peserta BPJS yang mengambil kelas 1 dan kelas 2 kepemilikan rekening bank wajib hukumnya.

Baca: Peserta BPJS kelas 3 tidak perlu memiliki rekening bank

Oleh karena itu untuk peserta yang tidak memiliki rekening bank atau ATM, mereka tetap bisa lebih mudah melakukan pembayaran dengan memanfaatkan alternatif pembayaran yang sudah disediakan oleh pihak BPJS dengan membawa persyaratan yang telah ditentukan.

Cara Membayar BPJS Untuk Peserta Yang tidak Memiliki ATM atau rekening bank

Khusus untuk peserta BPJS yang tidak memiliki ATM atau rekening bank, maka alternatif tempat pembayaran iuran premi bpjs yang bisa dipilih diantaranya adalah sebagai berikut:

1. Melalui Indomart

Peserta BPJS baik kelas 1 kelas 2 dan terutama untuk kelas 3 yang tidak memiliki rekening bank dan atm, mereka bisa melakukan pembayaran BPJS di indomart, syaratnya cukup sederhana, tinggal menyiapkan uang senilai tunggakan yang harus dibayar dan membawa Nomor Virtual Account (VA) keluarga atau menyerahkan kartu BPJS, jika VA hilang maka anda bisa menggunakan Nomor Kartu BPJS anda.

Pembayaran iuran Bulanan di BPJS biasanya akan dikenakan biaya administrasi dari rp 1.000 sampai 3.000 perorang, namun jika beruntung anda juga bisa mendapatkan satu botol minuman gratis dari indomart.


2. Alfamart

Anda juga bisa melakukan pembayaran BPJS di alfamart terdekat di kota anda, bilang saja pada kasirnya ingin membayar iuran bpjs. persyaratannya sederhana cukup membawa kartu BPJS serta uang untuk membayar. sama halnya di indomart, nanti petugas alfamart akan menginformasikan jumlah tunggakan yang harus anda bayar.

Anda biasanya akan dikenakan biaya administrasi perorang antara seribu rupiah sampai 3 ribu rupiah, tapi anda tidak usah repot-repot antri karena biasanya pembayaran iuran malalui minimarket lebih mudah dan petugas minimarket tersebut yang akan melakukan pembayaran untuk anda.


Oh ya jangan lupa setelah transaksi pembayaran selesai, anda minta bukti pembayaran kemudian simpan baik-baik sebagai bukti barangkali dikemudian hari dibutuhkan.

3. Melalui Kantor Pos

Untuk peserta BPJS yang tidak memiliki ATM atau rekening bank Anda juga bisa memilih kantor pos untuk melakukan pembayaran iuran bpjs, namun pembayaran iuran di kantor belum semuanya tersedia, baru tersedia di beberapa kota saja, tapi seiring waktu semua kantor pos akan bisa digunakan untuk melakukan pembayaran bpjs, jika dikota anda fasiltias pembayaran iuran bpjs sudah tersedia di kantorpos terdekat dengan tempat tinggal anda, anda bisa memilih kantor pos untuk melakukan pembayaran.

Persyaratanya cukup sederhana, tinggal membawa nomor virtual account (VA) atau cukup membawa Kartu BPJS dan juga jumlah uang sesuai degan besarnya tunggakan, pihak kantor pos akan melakukan pembayaran untuk anda.


4, Melalui Teler Bank

Pembayaran bpjs untuk peserta bpjs yang tidak memiliki atm atau rekening bank, bisa melalui teler bank yang sudah bekerjasama dengan BPJS, yaitu bank BNI, BRI dan mandiri. silahkan datang ke bank tersebut kemudian ambil antrian, 

Persyaratannya cukup mudah, cukup membawa nomor virtual akun dan menyiapkan uang pembayaran pastinya, jika nomor virtual account lupa atau hilang anda bisa menggunakan nomor kartu BPJS anda.

Itulah tentang bagaimana cara membayar iuran bpjs kesehatan jika anda tidak memiliki atm atau rekening bank terutama untuk peserta bpjs mandiri kelas 3, jangan lupa minta nota bukti pembayaran untuk disimpan sebagai bukti barangkali dibutuhkan di kemudian hari. semoga bermanfaat.

loading...

2 comments:

  1. Saya mendengar ada sistem baru di BPJS yaitu 1 no VA untuk 1 keluarga. Tetapi di Kartu Keluarga kami ada 2 keluarga. Apakah pembayaran nya tetap masing-masing keluarga, ataukah dijadikan satu?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tergantung KK jika 1 KK maka pembayaran sekaligus cukup 1 kali, sedangkan jika 2 KK, maka masing-masing KK pembayarannya terpisah

      Delete

Anda punya pertanyaan seputar BPJS, silahkan ajukan pertanyaan anda di kotak komentar, barangkali saya bisa membantu!. Komentar Anda akan Muncul Setelah disetujui!