Cara Mengetahui Nomor BPJS yang lupa Secara Online

Nomor bpjs mudah sekali untuk diketahui, karena nomor ini tertera di kartu bpjs, anda tinggal lihat saja di kartu bpjs anda maka anda akan menemukan digit nomor bpjs anda, tapi lain halnya jika kartu hilang, maka salah satu cara untuk mengetahuinya adalah dengan menggunakan fasilitas bpjs secara online.

Tapi perli anda ketahui Sebenarnya di fasilitas bpjs kesehatan secara online tidak ada fasilitas khusus yang dapat anda gunakan untuk mengetahui nomor peserta bpjs secara khusus,  namun dari beberapa fasilitas yang ada kita bisa mendapatkan informasi nomor bpjs anda yang lupa dan kartu hilang dengan cara mengakalinya.

Salah satu fasilitas yang bisa digunakan untuk mendapatkan informasi nomor bpjs anda secara online adalah melalui fasilitas bpjs untuk mengecek tunggakan. karena saat ini berlaku sistem pembayaran VA keluarga (1 kali pembayaran untuk seluruh anggota keluarga yang terdaftar sebagai peserta bpjs), dengan menggunakan salah satu nomor kartu bpjs anggota keluarga anda maka anda pun akan dapat mengetahui informasi nomor peserta bpjs anda, walaupun kartu bpjs anda hilang.

Cara Mengetahui Nomor BPJS Secara Online karena kartu hilang/lupa

Langkah-langkah untuk mengetahui nomor peserta bpjs yang kartunya hilang dan nomor lupa adalah sebagai berikut:

a. Gunakan kartu bpjs salah satu keluarga anda yang masih ada.

1. Buka halaman untuk cek pembayaran tagihan bpjs yang disediakan oleh situs resmi bpjs-kesehatan.go.id, tampilannya kurang lebih akan terlihat seperti gambar di bawah ini:

cek tagihan dan status pembayaran iuran bpjs
2. Anda akan diminta untuk memasukan data sebagai berikut:

  • No Kartu BPJS, isi dengan nomor kartu bpjs salah satu anggota keluarga anda yang kartunya masih ada.
  • Tanggal Lahir, masukan tanggal lahir sesuai dengan yang tertera di kartu BPJS.
  • Angka Validasi, isikan angka yang nampak pada gambar di atasnya
Jika data sudah diisi maka silahkan tekan tombol Cek, sistem akan melakukan proses pengecekan untuk data yang anda masukan, silahkan tunggu sampai selesai.

Jika benar maka anda akan melihat tampilan informasi data peserta BPJS yang anda masukan, yang melipiti
  • Nama Peserta
  • Nomor Peserta
  • Status Kepesertaan
  • Jenis peserta
  • Jumlah anggota keluarga
  • Informasi mengenai tagihan, denda, total tagihan dan juga informasi tanggal pembayaran terakhir. seperti terlihat pada gambar di bawah ini:
informasi status kepesertaan dan tagihan bpjs

Cara di atas sebenarnya cara untuk mengecek tagihan iuran bulanan bpjs, namun bisa anda gunakan untuk mengetahui nomor kartu bpjs anda yang hilang, dengan cara di atas, maka setiap anggota keluarga anda sesuai KK yang sudah terdaftar sebagai peserta bpjs akan muncul, dengan data, nama peserta, no. peserta, tunggakan dan lain-lain..

Data anda juga akan muncul dan anda bisa melihat nomor peserta kartu bpjs anda yang hilang di kolom No Peserta, silahkan lihat dan catat jika diperlukan. Bagaimana mudah bukan.


Demikian tentang cara mudah mengetahui nomor kartu bpjs kesehatan yang hilang, semoga artikel di atas membantu. Salam.

loading...

No comments:

Post a Comment

Anda punya pertanyaan seputar BPJS, silahkan ajukan pertanyaan anda di kotak komentar, barangkali saya bisa membantu!. Komentar Anda akan Muncul Setelah disetujui!