Batas Waktu pembayaran iuran bulanan bpjs kesehatan

Untuk beberapa peserta barangkali ada yang masih bertanya mengenai batas waktu pembayaran iuran bulanan bpjs kesehatan, sebaiknya dibayar tanggal berapa, dan tanggal berapa jatuh temponya ?

Iuran bulanan bpjs memang harus mendapat perhatian khusus, fasalnya jika dianggap terlambat melakukan pembayaran maka kartu bpjs akan dinonaktifkan, itu artinya kartu tersebut tidak akan bisa digunakan mendapatkan pelayanan kesehatan dari bpjs.

Walaupun denda keterlambataan untuk saat ini sudah dihapus, kartu yang diblokir akan menimbulkan denda rawat inap, denda rawat inap akan muncul ketika peserta mengaktifkan kembali kartu bpjs yang diblokir sebelumnya, lalu peserta menjalani rawat inap sebelum 45 hari sejak kartu aktif kembali.

waktu tanggal pembayaran iuran bpjs kesehatan


Jadi jika kartu sebelumnya nonaktif, lalu diaktifkan kembali dengan melunasi tunggakan, maka peserta jika sebelum 45 hari sejak kartu aktif kembali peserta harus menjalan rawat inap di rumah sakit dengan bpjs, maka peserta akan mendapatkan denda rawat inap yang akan diakumulasi di tagihan iuran bpjs peserta di bulan berikutnya.


Kapan batas iuran bulananbpjs kesehatan harus dibayarkan?

Khusus untuk anda yang sudah lebih dari satu kali membayar iuran bpjs kesehatan, batas waktu pembayaran iuran bulanan bpjs jatuh tempo sampai dengan tanggal 10 di bulan yang bersangkutan, artinya, sebisa mungkin sebelum tanggal 10 atau paling tidak sampai tanggal 10, iuran bulanan bpjs harus sudah dibayarkan.

Bagaimana jika  pembayaran iuran bpjs lewat dari tanggal 10 ?
amun jika Pembayaran iuran dilakukan setelah tanggal jatuh tempo atau setelah tanggal 10 bulan yang bersangkutan, maka tidak akan menyebabkan kartu bpjs anda nonaktif jika keterlambatanya masih kurang dari 1 bulan.

Kecuali jika pembayaran dilakukan setelah tanggal 10 bulan berikutnya, baru kartu BPJS anda akan langsung dinonaktifkan, artinya kartu BPJS anda tidak akan bisa digunakan untuk mendapatkan pelayanan kesehatan dari BPJS. sampai seluruh tunggakan dilunasi.


Tapi hati-hati juga, untuk peserta dengan KTP khusus di daerah DKI jakarta, untuk peserta bpjs yang mengambil kelas III yang terlambat 1 bulan dan untuk kelas I dan kelas II yang terlambat minimal 3 bulan,  kepesertaan akan langsung dialihkan menjadi peserta PBI yang iuran bulanannya di bayar oleh pemerintah provinsi DKI jakarta, dan baru bisa beralih kembali ke BPJS Mandiri setelah masa pengalihan minimal 6 bulan dengan membayar denda keterlambatan sebelumnya.

 Baca: Peserta Menunggak dengan KTP DKI akan langsung dialihkan menjadi peserta PBI kelas III


Batas waktu pembayaran iuran pertama bpjs ?
Sedangkan khusus untuk anda yang ingin melakukan pembayaran iuran pertama bpjs, maka pembayaran iuran pertama harus dilakukan paling cepat setelah 2 minggu atau 14 hari sejak Virtual account diterima, atau sampai dengan 30 hari sejak virtual account diterima.

Jika dalam rentang tersebut iuran pertama tidak dibayarkan, maka data pendaftaran peserta akan dipending untuk sementara, serta iuran tidak akan bisa dibayarkan.

 Untuk melanjutkan pembayaran, maka peserta harus melakukan update nomor virtual account ke kantor bpjs kesehatan setempat untuk mendapatkan virtual account yang baru.

Nomor virtual account yang baru akan memiliki rentang pembayaran 14 hari sampai 30 sejak nomor va tersebut dibayar.

loading...

No comments:

Post a Comment

Anda punya pertanyaan seputar BPJS, silahkan ajukan pertanyaan anda di kotak komentar, barangkali saya bisa membantu!. Komentar Anda akan Muncul Setelah disetujui!