Bolehkan mendatangi Faskes tingkat 1 yang tidak sesuai di kartu BPJS?

Kartu bpjs (KIS) adalah kartu identitas peserta bpjs yang di dalamnya tertera biodata peserta seperti nama, kelas bpjs dan faskes tingkat 1 yang dipilih.

Faskes tingkat 1 adalah fasilitas kesehatan yang meliputi (nama klinik, puskesmas atau dokter pribadi) yang harus didatangi pertama kali ketika peserta ingin mendapatkan pelayanan kesehatan gratis dari BPJS.

Pelayanan kesehatan dengan bpjs menggunakan sistem berjenjang, artinya, jika di faskes tingkat 1 tidak mungkin untuk dilayani karena keterbatasan sumberdaya maka pasien akan dirujuk ke faskes tingkat 2 dan seterusnya.

Berobat dengan bpjs di faskes tingkat 1 yang tidak sesuai kartu

Harus selalu diperhatikan, setiap kali peserta ingin berobat jalan dengan bpjs, maka Faskes tingkat satu yang harus didatangi pertama kali adalah faskes tingkat 1 yang sesuai dengan yang tercatat di kartu BPJS.

Bolehkan mendatangi Faskes tingkat 1 yang tidak sesuai kartu BPJS?

Ada banyak pertanyaan yang sering sekali dipertanyakan oleh peserta bpjs, salah satunya yaitu tentang berobat di faskes tingkat 1 yang tidak sesuai dengan kartu bpjs apakah diperbolehkan?

Ada beberapa alasan kenapa si peserta harus mendatangi faskes yang tidak sesuai dengan kartu, misalnya ketika si peserta di luar kota atau ketika faskes tingkat 1 peserta tutup.

Perlu diketahui bahwa sebenarnya kartu bpjs bisa digunakan untuk berobat dimana saja, walaupun faskes yang dikunjungi tidak sesuai dengan yang tertera di kartu bpjs, namun penggunaannya tentu tidaklah sembarangan, ada ketentuan yang harus dipatuhi.

Ketentuan berobat di faskes tingkat 1 yang berbeda dengan Kartu BPJS

Untuk anda yang ingin berobat dengan bpjs namun ingin menggunakan faskes tingkat 1 yang tidak sesuai dengan kartu, maka ketentuannya adalah sebagai berikut:

1. Buat surat pengantar dari kantor bpjs dimana anda tinggal saat itu.
Ini bisa anda lakukan ketika anda sedang di luar kota dan ingin mendapatkan pelayanan kesehatan dari bpjs, maka yang harus anda lakukan adalah membuat surat pengantar dari kantor bpjs di kota tersebut agar bisa mengunjungi faskes mana saja di kota tersebut.

Surat pengantar perlu dibuat untuk menghindari terjadinya penolakan dari pihak faskes karena tidak sesuai.

Penggunaan surat pengantar juga bisa anda buat untuk berobat di faskes tingkat 1 jika faskes tingkat 1 yang sesuai KTP dalam keadaan tutup misalnya.


2. Pertimbangkan untuk pindah faskes
Jika paskes yang anda pilih sebelumnya anda anggap terlalu jauh dari tempat tinggal anda, atau jika anda sering tinggal di luar kota, maka pertimbangkan untuk pindah faskes.

Anda bisa melakukan pindah faskes tingkat 1, dengan syarat usia kepesertaan anda minimal sudah menginjak 3 bulan.

Untuk pindah faskes saat ini bisa dilakukan secara online, atau offline dengan cara mendatangi kantor bpjs setempat di lokasi yang sama dengan  lokasi faskes yang ingin anda pilih, dengan syarat:

a. Membawa kartu bpjs
b. Membawa KK
c. Mengisi formulir perubahan data kepesertaan.
d. Jika anda memilih faskes di luar kota yang tidak sesuai dengan alamat KTP, maka anda perlu menyertakan surat pernyataan domisili dari RT/RW setempat.


Jadi kesimpulannya kartu bpjs bisa digunakan dimana saja, seperti ketika peserta sedang di luar kota maka peserta bisa berobat di faskes di lokasi peserta berada. begitu juga ketika faskes tk 1 tutup.
loading...

No comments:

Post a Comment

Anda punya pertanyaan seputar BPJS, silahkan ajukan pertanyaan anda di kotak komentar, barangkali saya bisa membantu!. Komentar Anda akan Muncul Setelah disetujui!