3 Cara mengetahui nomor KPJ (BPJS TK / Jamsostek) yang Hilang

Nomor KPJ sebenarnya adalah nomor unik kartu peserta jamsostek, nomor tersebut tertera di kartu jamsostek milik peserta, Istilah KPJ untuk sebagian orang saat ini sering juga digunakan untuk nomor kartu bpjs ketenagakerjaan (BPJSTK), ya mungkin sama-sama disebut KPJ berhubung BPJS Ketenagakerjaan saat ini merupakan peralihan dari program Jamsostek sebelumnya.

Setiap peserta BPJSTK sebaiknya harus selalu menjaga kartu BPJSTK miliknya jangan sampai hilang, dan selain menjaga kartunya,  peserta juga sebaiknya mencatat data nomor kartu bpjs tk miliknya agar mudah untuk diketahui.

Karena jika kartu bpjstk sampai hilang dan nomor kartunya tidak diketahui, maka peserta akan kesulitan ketika ingin mencairkan dana bpjstk miliknya.

Mengetahui Nomor KPJ Hilang dan lupa


Permasalahan terkait kartu BPJS yang hilang dan nomor KPJnya tidak diketahui alias lupa ternyata sering sekali dikeluhkan oleh sebagian besar peserta Jamsostek atau BPJSTK , sehingga mereka kesulitan untuk melakukan pencairan dana JHT baik yang 10%, 30% atau 100%, karena syarat utama untuk pencairan selain berkas yang valid adalah Harus menyertakan Kartu BPJSTK/ jamsostek.

Jika kartu BPJSTK Hilang dan nomornya lupa, maka tugas peserta adalah harus berusaha untuk mengetahui nomor BPJSTK miliknya, fungsinya untuk membuat surat keterangan dari kepolisian sebagai surat penghantar untuk pembuatan kartu BPJSTK yang baru di kantor bpjstk terdekat.

Karena banyaknya keluhan dari peserta BPJSTK / Jamsostek yang kartunya hilang dan lupa nomor KPJnya, maka di artikel kali ini saya ingin memberikan informasi terkait cara mengetahui kartu KJP yang hilang.

3 Cara mengetahui nomor KPJ (BPJS TK / Jamsostek) yang Hilang

Ada beberapa alternatif yang bisa dilakukan untuk mengetahui nomor KPJ dari kartu Jamsostek atau kartu BPJSTK, beberapa diantaranya adalah sebagai berikut:

1. Menghubungi HRD Perusahaan

Yang pertama yang bisa anda lakukan untuk mengetahui nomor KPJ yang hilang adalah dengan menghubungi pihak HRD Perusahaan, Pihak HRD adalah pihak yang paling tahu mengenai data kepesertaan BPJSTK milik peserta.

Sayangnya terkadang dengan menghubungi HRD tidak menjadi solusi, karena ada saja pihak HRD yang kurang bertanggung jawab dan ogah-ogahan untuk memberikan nomor KPJ miliknya, bahkan banyak yang memerikan alasan berbelit-belit sehingga nomor kartu tidak diketahui.

Jika ini terjadi maka anda bisa mencoba alternatif ke 2 di bawah 

2. Menghubungi kantor Cabang BPJSTK Terdekat

Alternatif kedua yang bisa anda coba lakukan untuk mengetahui nomor KPJ atau nomor kartu BPJSTK yang hilang adalah dengan mengunjungi kantor Cabang BPJSTK terkedat.

Untuk mendapatkan nomor kartu BPJSTK anda perlu menyiapkan persyaratan sebagai berikut:
  • KTP
  • KK
  • Nama Ibu Kandung
  • Biodata pribadi
Jika perusahaan anda mendaftarkan anda menjadi peserta BPJS, serta data yang anda berikan cocok, maka petugas akan dapat menelusuri nomor KPJ Anda.

Lagi-lagi beberapa kasus walaupun sudah mendatangi kantor cabang bpjstk untuk memperoleh informasi nomor KPJ, terkadang petugas bpjstk dengan alasan tertentu enggan untuk menginformasikan nomor kpj milik peserta.

Jika ini terjadi maka anda bisa mencoba alternatif ke 3.

3. Tulis surat Pengaduan di situs Lapor.go.id

Situs lapor adalah situs resmi yang disediakan oleh pemerintah sebagai media pengaduan masyarakat secara online, untuk anda yang kebetulan ingin mendapatkan informasi nomor KPJ BPJSTK/Jamsostek, anda bisa mencoba alternatif ini:

Silahkan akses situs lapor.go.id, lalu silahkan lakukan registrasi, setelah itu tulis pesan pengaduan, terangkan sedetail mungkin permasalahan anda dan hal-hal apa saja yang sudah anda usahakan sebelumnya untuk mendapatkan informasi nomor KPJ.

Jangan lupa juga untuk memeberikan identitas diri, seperti NIK KTP/KK, Tempat tanggal Lahir, Alamat, email, Nama Ibu kandung, Nama perusahaan terakhir yang menerbitkan kartu BPJSTK anda yang hilang.

Pesan pengaduan anda akan diteruskan kepada pihak BPJSTK, tunggu dan selalu crosscek akun anda di situs tersebut,  jika data yang anda berikan valid, mereka akan memberikan informasi nomor KPJ anda yang hilang.

Beberapa kasus yang pernah saya baca di situs tersebut, cara ini cukup berhasil dan nomor KPJ peserta pada akhirnya dapat diketahui.

Jika Nomor KPJ Sudah dapat diketahui maka anda bisa membuat surat kehilangan dari kepolisian guna pencairan dana JHT BPJSTK, silahkan baca:

Itulah mengenai 3 cara mengetahui nomor KPJ Jamsostek/BPJSTK yang kartunya hilang, semoga membantu.



loading...

0 Response to "3 Cara mengetahui nomor KPJ (BPJS TK / Jamsostek) yang Hilang"

Post a Comment

Anda punya pertanyaan seputar BPJS, silahkan ajukan pertanyaan anda di kotak komentar, barangkali saya bisa membantu!. Komentar Anda akan Muncul Setelah disetujui!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel