Prosedur mendapatkan kartu KIS untuk peserta JAMKESMAS / JAMKESDA

KIS atau Kartu Indonesia Sehat dulu mungkin hanya diperuntukan bagi peserta jaminan kesehatan peserta bantuan iuran dari pemerintah (PBI),  dan KIS juga sebagai pengganti pemegang kartu JAMKESMAS dan juga JAMKESDA.

Namun saat ini KIS merupakan kartu identitas untuk seluruh peserta BPJS Kesehatan, jadi seluruh peserta BPJS baik BPJS PBI, BPJS Mandiri maupun BPJS kesehatan perusahaan saat ini adalah pemegang Kartu KIS.

Selain sebagai Identitas peserta kartu KIS juga merupakan sebagai salah satu persyaratan yang harus ditunjukan pada saat peserta ingin mendapatkan pelayanan kesehatan yang dijamin oleh BPJS. walaupun saat ini ada KIS digital di aplikasi Mobile JKN, setiap peserta BPJS harus juga memegang KIS sebagai kartu fisik yang kemungkinan diperlukan pada saat peserta menjalani pelayanan kesehatan.

Sayangnya saat ini masih banyak yang masih berstatus dan terdaftar sebagai peserta Jamkesmas atau jamkesda tetapi tidak memiliki KIS, bahkan saat mereka ingin mendaftarkan diri sebagai peserta BPJS mandiri, pendaftaran tidak bisa diproses karena yang bersangkutan masih terdaftar sebagai peserta JAMKESMAS atau JAMKESDA.

mendapatkan kartu kis jamkesmas dan jamkesda


Di artikel kali ini saya ingin menguraikan prosedur cara mendapatkan kartu KIS bagi anda yang masih berstatus sebagai peserta JAMKESMAS atau JAMKESDA tapi sampai saat ini belum mendapatkan kartunya.

Cek Status Aktif tidaknya kepesertaan Jamkesmas/JAMKESDA Anda

Jika sebelumnya kita sudah terdaftar sebagai peserta jamkesmas dan jamkesda namun belum mendapatkan kartunya dan status kepesertaan belum kita ketahui apakah aktif atau tidak, maka sebelum memutuskan untuk mendaftar menjadi peserta mandiri alangkah baiknya kita mencari tahu status kepesertaan jamkesmas atau jamkesda kita sebelumnya.

Karena jika kepesertaan masih aktif, maka kita tidak bisa melakukan pendaftaran untuk menjadi peserta mandiri, hingga kepesertaan jamkesmas atau jamkesda sebelumnya dalam keadaan nonaktif atau kita alihkan menjadi peserta bpjs mandiri.

Untuk mengecek status aktif tidaknya kepesertaan JAMKESMAS atau JAMKESDA anda ada beberapa cara yang bisa ditemuh online maupun offline.

Cara Online
Cara online untuk mengecek status aktif tidaknya kepesertaan JAMKESMAS atau JAMKESDA, langkah-langkahnya sebagai berikut:

1. Siapkan NIK untuk masing-masing anggota keluarga yang ingin dicek status kepesertaannya.

Dengan data NIK anda bisa mengajukan pertanyaan secara online diantaranya:

  • Mengajukan pertanyaan di situs lapor.go.id. dengan memberikan identitas Nama, tgl lahir dan NIK
  • Menghubungi care center BPJS 1500400.
  • Mengajukan pertanyaan di fans page bpjs facebook 


Cara Offline:
Untuk mengecek status aktif tidaknya kepesertaan JAMKESMAS atau JAMKESDA secara offline adalah dengan datang ke kantor bpjs setempat dengan membawa persyaratan:

  • Copy KTP
  • Copy Kartu Keluarga (KK)

Prosedur mendapatkan kartu KIS peserta JAMKESMAS / JAMKESDA

Untuk anda yang terdaftar sebagai peserta Jamkesmas dan jamkesda namun anda belum memperoleh kartunya, maka anda bisa mengambilnya di kantor bpjs setempat.

Silahkan datang ke kantor bpjs setempat untuk mencetak kartu KIS anda dengan membawa persyaratan:
  • Copy KTP
  • Copy KK (Kartu keluarga).
Jika status kepesertaan anda masih aktif, maka petugas akan membuatkan kartu KIS untuk anda, sementara jika nonaktif maka petugas akan meminta dan keluarga dalam KK  untuk daftar menjadi peserta mandiri.


loading...

0 Response to "Prosedur mendapatkan kartu KIS untuk peserta JAMKESMAS / JAMKESDA"

Post a Comment

Anda punya pertanyaan seputar BPJS, silahkan ajukan pertanyaan anda di kotak komentar, barangkali saya bisa membantu!. Komentar Anda akan Muncul Setelah disetujui!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel