Kartu BPJS Hilang Anda masih bisa berobat mengunakan Kartu KIS Digital sebagai ganti

Kartu BPJS Kesehatan atau KIS adalah kartu identitas untuk setiap orang  yang sudah terdaftar menjadi peserta bpjs, kartu tersebut umumnya berisi data nama peserta, alamat dan juga nama faskes tingkat 1 atau fasilitas kesehatan yang harus dikunjungi pertama kali oleh peserta pada saat peserta ingin mendapatkan pelayanan kesehatan gratis yang ditanggung bpjs.

Kartu peserta BPJS/ KIS sebaiknya dijaga dan disimpan baik-baik, karena kartu usalah satu mumnya sering dijadikan salah satu persyaratan wajib yang harus dibawa pada saat peserta ingin mendapatkan pelayanan kesehatan dari  bpjs.  Jika pada saat peserta berobat dan tidak bisa menunjukan kartu bpjs, maka kemungkinan peserta bisa mendapatkan penolakan dari fasilitas kesehatan yang dikunjungi.

Sayangnya walaupun kartu berusaha untuk dijaga sebaik mungkin, pada kenyataannya ada banyak sekali peserta yang tidak lagi memegang kartu bpjs, baik karena kartu rusak maupun karena hilang, sehingga peserta mengalami kesulitan ketika ingin mendapatkan pelayanan keseahtan menggunakan BPJS.

Lantas bagaimana solusinya jika kartu Hilang ?

Sebenarnya Jika kartu peserta hilang atau rusak, maka sebaiknya peserta segera melapor ke kantor bpjs setempat untuk mendapatkan kartu peserta baru sebagai gantinya.

Untuk mencetak kembali kartu BPJS baru syarat yang harus di bawah oleh peserta adalah sebagai berikut:

1. Copy Kartu Keluarga (KK)
2. Copy KTP
3. Surat pernyataan kehilangan kartu bpjs bermaterai 6.000
4. Copy kartu BPJS jika ada.
5. Surat kehilangan dari kepolisian (Opsional), bisa menggunakan surat kehilangan dari kepolisian atau cukup dengan surat pernyataan kehilangan bermaterai 6.000.

Bawa persyaratan di atas ke kantor bpjs untuk mendapatkan pergantian kartu yang baru, pihak bpjs akan mencetak kembali kartu bpjs atau KIS anda sebagai gantinya.

Kartu KIS / BPJS hilang Anda masih bisa berobat menggunakan KIS Digital

Dulu di awal bpjs berdiri, kehilangan kartu bpjs biasanya peserta sama sekali tidak bisa mendapatkan pelayanan kesehatan dari bpjs, karena tidak bisa menunjukan fisik kartu sebagai salah satu syarat untuk mendapatkan pelayanan keseahtan dari BPJS, Sehingga peserta mau tidak mau harus membuat kembali kartu bpjs sebagai pengganti kartu yang hilang.

Namun seiring dengan perkembangan kebijakan program BPJS yang terus menurus dibenahi, untuk saat ini ketika kartu kartu KIS/ BPJS hilang, peserta masih bisa mendapatkan pelayanan kesehatan dari BPJS dengan menggunakan KIS digital.

Saat ini diberlakukan bahwa

"Pelayanan Peserta JKN-KIS Gak perlu Bawa Kartu, Cukup download JKN Mobile"

kis digital untuk berobat tanpa kartu bpjs


Apa itu KIS Digital ?

Kis digital merupakan sebuah kartu bpjs/kis virtual dalam bentuk gambar digital yang bentuknya seperti kartu fisik bpjs pada umumnya.

Kartu KIS digital anda bisa dilihat di aplikasi mobile JKN yang bisa anda download gi google play store.

Cara mendapatkan kartu KIS Digital BPJS?

Untuk mendapatkan KIS digital caranya sangatlah mudah, anda cukup mendownload aplikasi mobile JKN di google playstore lalu instalkan di perangkat android anda.

Kemudian setelah terpasang, silahkan buka aplikasi mobile JKN di perangkat android anda, lalu setelah aplikasi terbuka silahkan lakukan registrasi dan ikuti petunjuknya sampai berhasil.

Melalui aplikasi Mobile JKN anda bisa melihat KIS digital anda untuk anda gunakan dan tunjukan ketika ingin mendapatkan pelayanan gratis dari BPJS.

Dengan hadirnya kartu digital KIS JKN menurut saya pelayanan BPJS menjadi lebih mudah dan praktis tidak terikat kepada kartu Fisik. sehingga walaupun kartu Fisik HIlang kita masih bisa menggunakan kartu KIS digital sebagai gantinya.

OH Ya, jika diinginkan kartu KIS digital yang terdapat di aplikasi Mobile JKN juga bisa anda cetak, sehingga untuk mengganti kartu yang hilang anda cukup mencetak kartu tersebut yang gambarnya bisa anda dapatkan di aplikasi mobile JKN.


Manfaat Aplikasi Mobile JKN 

Aplikasi mobile JKN selain untuk melihat KIS digital, memiliki beberapa fungsi lainnya yang cukup bermanfaat untuk peserta BPJS diantaranya adalah sebagai berikut:

1. Mengganti Faskes tk 1,
Dengan mobile JKN anda juga bisa mengganti faskes tingkat 1 melalui aplikai mobile JKN dengan ketentuan, kepesertaan anda minimal sudah mencapai 3 bulan.

2. Cek tagihan
Anda juga bisa mengecek tagihan bpjs anda, melakukan pembayaran, pendaftaran auto debet dan hal lainnya yang berkaitan dengan tagihan.

3. Pelayanan
Seperti pendaftaran faskes via online untuk menghindari antrian, melihat informasi pelayanan dan scrining

4. Cetak kartu BPJS
Untuk anda yang kehilangan kartu atau kartu KIS rusak, jika memang diperlukan anda juga bisa mencetak kartu BPJS anda via aplikasi mobile JKN tanpa harus datang ke kantor BPJS.

Dan fitur lainnya yang cukup bermanfaat.


Dengan adanya aplikasi mobile JKN dan tersedianya fitur Kartu KIS digital atau virtual, sangat memudahkan peserta untuk mendapatkan pelayanan keseahtan dari bpjs.



loading...

0 Response to "Kartu BPJS Hilang Anda masih bisa berobat mengunakan Kartu KIS Digital sebagai ganti"

Post a Comment

Anda punya pertanyaan seputar BPJS, silahkan ajukan pertanyaan anda di kotak komentar, barangkali saya bisa membantu!. Komentar Anda akan Muncul Setelah disetujui!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel