Cara Daftar BPJS Kesehatan Terbaru (Syarat dan Prosedur)

Panduan lengkap Cara Daftar BPJS Kesehatan Terbaru (Syarat dan Prosedur) - Sesuai pasal 14 Undang-undang BPJS, Setiap warga negara Indonesia dan warga asing yang sudah berdiam di Indonesia selama minimal enam bulan wajib menjadi anggota BPJS.

Setiap perusahaan wajib mendaftarkan pekerjanya sebagai anggota BPJS. Sedangkan orang atau keluarga yang tidak bekerja pada perusahaan, wajib mendaftarkan diri dan anggota keluarganya pada BPJS. Setiap peserta BPJS akan ditarik iuran yang besarnya ditentukan kemudian. Sedangkan bagi warga miskin, iuran BPJS ditanggung pemerintah melalui program Bantuan Iuran (PBI). (sumber: wikipedia)

Untuk menjadi anggota BPJS ksehatan maka harus melakukan pendaftaran terlebih dahulu, untuk saat ini ada 2 kategori pendaftaran BPJS yang bisa anda lakukan, pendaftaran BPJS secara online dan Offline.


Cara Daftar BPJS Kesehatan Terbaru (Syarat dan Prosedur)

Pendaftaran BPJS secara online dapat dilakukan melalui situs resmi bpjs dengan menyiapkan persyaratan-persyaratan tertentu, sedangkan pendaftaran BPJS kesehatan secara offline dapat dilakukan dengan cara langsung datang ke kantor BPJS setempat dengan membawa persyaratan-persyaratan yang diminta.

Adanya pelayanan pendaftaran BPJS secara online disediakan sebagai alternatif lain untuk lebih mempercepat dan mempermudah pendaftaran bpjs, sehingga diharapkan setiap warga negara indonesia sudah memiliki kepesertaan bpjs dimanapun dan kapanpun selama ada koneksi internet.

Di sini saya akan jelaskan sebuah panduan atau prosedur langkah-langkah dan syarat untuk melakukan pendaftaran BPJSmandiri untuk perorangan atau individu yang berstatus peserta bukan penerima upah (PBPU), baik secara online maupun offline, sehingga bisa menjadi panduan bagi anda yang kebetulan belum menjadi anggota bpjs dan berniat ingin mendaftar bpjs.

1. Persiapan Sebelum Melakukan Pendaftaran

Sebelum melakukan pendaftaran BPJS ada beberapa persiapan yang harus anda persiapkan dan pertimbangkan terlebih dahulu terkait dengan data bpjs, diantaranya dalah sebagai berikut:

a. Menentukan Kelas BPJS

Anda harus sudah menentukan kelas BPJS sebelum melakukan pendaftaran, perlu anda ketahui bpjs kesehatan memiliki 3 golongan kelas BPJS yang bisa anda pilih ketika melakukan pendaftaran yaitu kelas 1, kelas 2 dan kelas 3, perbedaan ketiga kelas tersebut terdapat pada besar kecilnya iuran yang harus dibayarkan dan juga layanan kamar rawat inap, jika peserta bpjs diharuskan dirawat inap.

Kelas 1 adalah kelas dengan iuran bulanan yang paling mahal dan akan mendapatkan pelayanan rawat inap maksimal, diikuti oleh kelas 2 dan kelas 3. Informasi lebih lengkap tentang segala hal yang berkaitan dengan kelas ini  silahkan baca: Perbedaan bpjsk kesehatan kelas1, kelas 2 dan kelas 3

Dengan sudah menentukan kelas yang akan anda pilih, anda tidak akan bingung dan salah ketika diminta untuk memilih kelas pada saat melakukan pendaftaran, ingat kelas BPJS yang paling cocok untuk anda adalah kelas yang sesuai dengan kemampuan finansial anda.

b. Menentukan Faskes Tingkat 1

Satu lagi yang anda harus tentukan sebelum melakukan pendaftaran BPJS adalah pilihan Faskes tingkat 1.
jika anda masih belum mengerti tentang faskes tingkat 1, silahkan baca apa itu faskes tingkat 1?,

Sebelum melakukan pendaftaran, sebaiknya faskes tingkat 1  ini harus sudah anda tentukan, faskes tingkat 1 ini adalah fasilitas kesehatan (puskesmas, polilkinik, dokter gigi) yang sudah bekerjasama dengan BPJS.

Pengotbatan dengan BPJS menggunakan sistem berjenjang jadi ketika anda ingin berobat dengan BPJS yang harus anda kunjungi pertama kali adalah faskes tk1 ini, kemudian akan terus berlanjut melalui rujukan ke jenjang yang lebih tinggi (rumah sakit kemudian rscm) jika misalnya di faskes tingkat1 peralatan tidak memadai untuk menangani penyakit anda.

Saran pilihlah faskes tingkat 1 yang dekat dengan tempat tinggal anda, dan pilihlah faskes tingkat 1 yang memiliki fasilitas yang lengkap dan pelayanan baik.

Untuk melihat daftar faskes tk1 terdekat di kota anda silahkan klik dan cari disini
 

2. Cara Daftar BPJS Kesehatan secara Offline

Untuk melakukan pendaftaran BPJS kesehatan mandiri secara offline anda harus datang langsung ke kantor BPJS setempat yang terdapat di kota Anda, langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:

a. syarat pendaftaran BPJS kesehatan secara offline

Sebelum anda datang ke kantor bpjs anda sebaiknya sudah menyiapkan berkas pendaftaran sebagai berikut:
  • Kartu Keluarga (KK) silahkan anda foto copy (2 lembar)
  • KTP dan silahkan anda fotocopy (2 lembar)
  • Foto berwarna ukuran 3x4 (1 lembar)
  • Kepemilikan Rekening Bank (BNI, BRI atau Mandiri), anda bisa menggunakan rekening bank milik saudara. silahkan sediakan fotocopy rekening atau catat no rekening bank yang bersangkutan,untuk persiapan jika diminta, beberapa kantor BPJS hanya menanyakan no rekeningnya saja.

KTP yang harus anda siapkan sejumlah anggota keluarga yang tercantum di KK, kecuali anak di bawah umur yang belum memiliki ktp, begitu juga untuk foto wajib anda siapkan untuk masing-masing anggota keluarga yang tercantum di KK kecuali balita.

Semua anggota keluarga yang tercantum di KK yang belum menjadi peserta BPJS wajib didaftarkan.

b. Prosedur langkah-langkah pendaftaran BPJS Online sebagai berikut:

Jika persyaratan pendaftaran BJS sudah anda siapkan, langkah melakukan pendaftaran adalah sebagai berikut:

  • Datang ke kantor BPJS sepagi mungkin (mulai buka jam 8.00 pagi), ini disebabkan pendaftaran BPJS offlinebiasanya akan memakan waktu yang cukup lama karena banyaknya antrian.
  • Siapkan berkas, kemudian minta no Antrian ke satpam atau ambil di mesin cetak no antrian. tunggu antrian hingga giliran anda dipanggil.
  • Silahkan anda menuju petugas pendaftaran BPJS jika dipanggil, anda akan diminta untuk memilih kelas, ada 3 kelas yaitu kelas 1, 2 dan 3 silahkan sesuaikan dengan kemampuan finansial anda. kemudian anda juga akan diminta untuk memilih faskes, silahkan anda pilih fasilitas kesehatan yang terdekat dengan rumah kediaman anda.
  • Petugas BPJS akan melakukan proses registrasi untuk anda, dan anda akan mendapatkan No BPJS dan info no rekening bank bpjs untuk melakukan pembayaran. untuk mengaktifkan kartu anda akan diberi waktu selama 14 hari.
  • Silahkan lakukan pembayaran sesegera mungkin, bisa menggunakan ATM dengan memasukan No BPJS yang diberikan oleh petugas BPJS untuk masing-masing anggota keluarga.
  • Simpan no bukti pembayaran dari ATM,
  • Kemudian menuju ke kantor bpjs dengan membawa no bukti pembayaran, petugas akan mencetak kartu BPJS anda yang siap anda gunakan.
  • Selesai.

Untuk informasi lebih lanjut, silahkan baca cara pendaftaran bpjs offline versi lengkap

 3.  Cara Daftar BPJS secara Online

Pendaftaran BPJS offline memang sangat menguras waktu karena pada umumnya antrian akan sangat panjang, sehingga proses pendaftaran bisa memakan waktu yang cukup lama. sebagai alternatif anda bisa memanfaatkan fasilitas pendaftaran BPJS online yang sekarang sudah tersedia.

a. Syarat pendaftaran BPJS Online:

Adapun syarat untuk melakukan pendaftaran BPJS kesehatan online adalah sebagai berikut:
  •  Alamat email yang masih aktif, jika belum punya silahkan buat dulu, baca: cara membuat email gmail
  • Siapkan Kartu Keluarga KK
  • No HP yang masih aktif
  • Laptop atau komputer yang sudah terkoneksi ke internet.
  • Kartu NPWP
  • KTP
  • No. Rekening bank (BRI, BNI atau Mandiri) untuk membayar iuran
  • Siapkan Foto berwarna yang sudah discan (size maksimal: 50 kb)

b. Prosedur pendaftaran BPJS Kesehatan secara Online 

Jika syarat diatas sudah anda persiapkan, langkah-langkah untuk melakukan pendaftaran BPJS secara online adalah sebagai berikut:

  • Buka situs resmi bpjs kesehatan, kemudian cari menu pendaftaran, atau klik disini untuk langsung menuju ke form pendaftaran.
  • Anda akan diminta untuk memilih jenis kepsertaan (pilih pekerja bukan penerima upah), kemudian masukan kode khusus dan masukan No. Kartu keluarga, lalu tekan  Inquery kartu keluarga, sistem akan menampilkan anggota keluarga anda sesuai dengan data yang tercatat di catatan sipil.
  • Berikutnya anda akan diminta untuk melengkapi biodata setiap anggota keluarga anda yang tercatat di KK. silahkan lengkapi sesuai dengan yang diminta. 
  • Scan foto
  • Mengisi no rekening, no hp dan email
  • Jika pendaftaran selesai anda akan mendapatkan pesan email notofikasi yang masuk ke email anda
  • Cek Email anda dan temukan pesan dari BPJS, silahkan lakukan aktivasi pendaftaran anda melalui link yang diberikan di email dari bpjs.
  • Anda akan mendapatkan No Virtual Account untuk referensi pembayaran
  • Lakukan pembayaran di bank BRI, BNI atau Mandiri
  • Setelah melakukan pembayaran, masuk lagi ke email aktivasi anda yang sebelumnya sudah anda terima dari BPJS
  • Cetak kartu E-ID BPJS anda melalui dokumen di pesan email dari bpjs, Anda baru Akan bisa mencetak E-ID (Kartu BPJS) anda setelah anda melakukan pembayaran.
  • Selesai.

Jika anda masih bingung langkah-langkah cara daftar BPJS secara online, silahkan baca panduan lengkap cara daftar bpjs secara online

Kapan Harus Melakukan pembayaran Iuran Pertama setelah mendaftar ?

Setelah anda mendapatkan no-virtual account dari BPJS baik melalui pendaftaran online maupun pendaftara bpjs kesehatan offline, no virtual akun tersebut bisa anda jadikan referensi untuk melakukan pembayaran pertama iuran bpjs anda.

BPJS memberikan kesempatan minimal 14 hari maksimal sampai 30 hari untuk anda sesegera mungkin melakukan pembayaran iuran pertama bpjs anda setelah anda melakukan pendaftaran, anda bisa membayarnya melalui ATM yang sudah ditunjuk oleh BPJS (BNI, BRI atau Mandiri).

Jika pembayaran pertama anda masih belum anda lakukan setelah jatuh tempo diatas, maka akun pendaftaran bpjs anda akan di cancel, dan anda harus melakukan pendaftaran kembali dari awal.

Pembayaran iuran BPJS berikutnya jangan sampai terlambat, setiap bulan sebelum tanggal 10 anda harus sudah membayar iuran bulanan BPJS jika terlambat maka anda bisa terkena denda.

Informasi lengkap tentang hal-hal yang bekaitan dengan iuran bpjs bisa anda baca disini

Demikian artikel sederhana tentang Panduan Cara Daftar BPJS Kesehatan Terbaru (Syarat dan Prosedur), semoga bermanfaat.
loading...

No comments:

Post a Comment

Anda punya pertanyaan seputar BPJS, silahkan ajukan pertanyaan anda di kotak komentar, barangkali saya bisa membantu!. Komentar Anda akan Muncul Setelah disetujui!