Prosedur Cara Pindah Kepesertaan BPJS Perusahaan Lama ke Perusahaan Baru

Di artikel kali ini akan diruraikan bagaimana Prosedur Cara Pindah Kepesertaan BPJS Badan usaha dari Perusahaan Lama ke Perusahaan Baru - Sesuai dengan peraturan presiden (perpres/pp) Nomor 111 tahun 2013 yang menjelaskan semua badan usaha wajib mendaftarkan pekerjanya menjadi peserta BPJS Peserta Penerima Upah (PPU) atau Badan Usaha, hal ini menyebabkan setiap karyawan atau pegawai yang bekerja di sebuah perusahaan akan didaftarkan untuk menjadi peserta BPJS PPU yang sebagian iuran bulannya akan ditanggung oleh perusahaan dimana ia bekerja.

Situasi tersebut dapat membuat si karyawan menjadi peserta BPJS Perusahaan selama si karyawan bisa bertahan diperusahaan tersebut, namun sayangnya bekerja di sebuah perusahaan tidak akan selamanya mulus dan lancar, terkadang ada saja permasalahan yang membuat si karyawan memutuskan resign, berhenti dari perusahaan lama kemudian pindah ke perusahaan yang baru, jika ini terjadi jelas sekali kepesertaan BPJS perusahaan untuk karyawan yang bersangkutan dalam waktu dekat akan dinonaktifkan oleh perusahaan yang bersangkutan.

pindah kepesertaan dari bpjs perusahaan ke perusahaan baru


Untuk anda yang kebetulan mengalami kondisi seperti ini, misalnya anda resign pindah dari perusahaan A ke perusahaan B padahal di perusahaan A sebelumnya anda sudah terdaftar menjadi peserta BPJS Peserta Penerima Upah (PPU)/Badan Usaha, maka langkah pertama yang harus anda tempuh adalah segera mengurus kepesertaan BPJS anda agar kepesertaan BPJS anda dipindahkan dari peserta BPJS badan usaha perusahaan A sebelumnya ke BPJS badan usaha perusahaan B yang baru.

Prosedur Cara Pindah kepesertaan BPJS Badan Usaha dari satu perusahaan Ke perusahaan Lainnya

Prosedur untuk mengurus kepesertaan BPJS badan usaha dari perusahaan lama ke perusahaan yang baru adalah sebagai berikut:

1. Siapkan surat pengantar dari perusahaan Sebelumnya berupa surat pernyataan bahwa anda sudah resign dari perusahaan tersebut.

2. Siapkan juga Fotocopy dan Asli kartu BPJS anda 

3. Hubungi pihak HRD perusahaan baru tempat anda bekerja dengan membawa persyaratan di atas untuk mengurus kepesertaan BPJS anda.

Pihak HRD akan berkoordinasi dengan pihak BPJS untuk memutasi kepesertaan BPJS badan usaha dari perusahaan lama ke perusahaan baru.

Bagaimana jika di perusahaan baru kebetulan belum mengurus kepesertaan BPJS untuk karyawannya?

Bisa saja terjadi setelah anda resign dari perusahaan lama kemudian pindah ke perusahaan baru, di perusahaan baru ternyata belum mengurus kepesertaan BPJS untuk karyawannya, jika ini terjadi maka ada 2 pilihan yang bisa anda ambil, menunggu hingga anda dan keluarga anda didaftarkan menjadi peserta BPJS badan usaha di perusahaan tersebut atau anda dan keluarga anda bisa mendaftar untuk beralih dari BPJS perusahaan menjadi peserta BPJS mandiri.

Jika anda memutuskan pindah dari BPJS Peserta Penerima Upah (PPU)/Badan Usaha  ke  BPJS Peserta Bukan Penerima Upah (PBPU)/ Mandiri, maka persyaratan dan prosedur yang harus anda persiapkan adalah sebagai berikut:
  1. Asli KTP elektronik
  2. Asli KK
  3. Foto masing - masing 1 ukuran 3x4 semua anggota keluarga kecuali balita
  4. Buku rekening Bank BNI / BRI / Mandiri, khusus untuk anda yang berniat mengambil kelas I dan II
  5. Surat keterangan resign dari perusahaan sebelumnya / surat rekomendasi kerja
  6. Kartu BPJS Kesehatan dari perusahaan lama
Pendaftaran Peserta Mandiri dilakukan oleh salah satu anggota keluarga yang terdaftar pada KK dan wajib mendaftarkan seluruh anggota keluarga pada KK dengan memilih hak kelas sama (kelas 1, 2 atau kelas 3).

Namun dengan menjadi peserta Mandiri anda harus siap dengan  biaya iuran bulanan BPJS yang harus dibayar untuk masing-masing anggota keluarga anda yang sudah terdaftar sebagai peserta BPJS Mandiri.
loading...

4 comments:

  1. Apa kah jamsostek di perusahaan yg lama akan hangus jika di pindah kan ke prusahaan yg baru?

    ReplyDelete
    Replies
    1. salam.
      Jika pernah bekerja di perusahaan lama lalu didaftarkan kembali pada perusahaan yang baru dengan nomor Kartu Peserta Jamsostek yang sama, maka saldo Jaminan Hari Tua otomatis akan tergabung dengan saldo Jaminan Hari Tua di perusahaan yang baru.

      Namun apabila diperusahaan baru diterbitkan kartu Jamsostek yang berbeda sebaiknya dapat diinformasikan ke perusahaan yang baru tempat bpk/ibu bekerja untuk selanjutnya pihak perusahaan/ personalia/ HRD melaporkan ke petugas IT. Jamsostek untuk dilakukan penggabungan saldo, dan saldo Jaminan Hari Tua tidak akan pernah hangus/ hilang sebelum dananya diambil oleh pemiliknya.

      Delete
  2. jika saya blm sempat untuk mengurus kepindahan bpjs dari BPJS Peserta Penerima Upah (PPU)/Badan Usaha ke BPJS Peserta Bukan Penerima Upah (PBPU)/Mandiri tersebut, apakah tagihan bulanan tetap berlaku? (posisi saya sudah resign dari perusahaan)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jika kepesertaan ppu sudah dinonaktifkan, tidak ada kewajiban apapun terhadap pihak bpjs, segera saja melakukan perubahan data kepesertaan langsung datang ke kantor bpjs

      Delete

Anda punya pertanyaan seputar BPJS, silahkan ajukan pertanyaan anda di kotak komentar, barangkali saya bisa membantu!. Komentar Anda akan Muncul Setelah disetujui!