3 Cara Praktis Cek Status Aktif Tidaknya Kartu BPJS Anda?

Salah satu hal yang harus diperhatikan sebelum kartu BPJS kesehatan bisa digunakan untuk mendapatkan layanan kesehatan dengan jaminan BPJS adalah kartu atau status kepesertaan harus dalam keadaan aktif, jika tidak maka kartu bpjs anda tidak akan bisa digunakan untuk mendapatkan layanan kesehatan dimanapun dan sampai kapanpun.

Sistem BPJS tidak mengenal pemberhentian (dikeluarkan) dari kepesertaan BPJS, sekali anda terdaftar menjadi peserta BPJS kesehatan, maka peserta yang bersangkutan akan selamanya menjadi peserta BPJS dan memiliki kewajiban harus membayar iuran kecuali peserta adalah penerima bantuan iuran dari pemerintah.



BPJS kesehatan hanya memberlakukan status kepesertaan untuk setiap pesertanya, yaitu peserta dengan status kepesertaan aktif dan peserta tidak aktif (non-aktif), jika status peserta aktif maka peserta tersebut dapat menggunakan kartu bpjs untuk berobat sedangkan jika status peserta tidak aktif maka kartu tidak akan bisa digunakan untuk berobat.

Penyebab status kepesertaan BPJS Non-Aktif

Ada banyak hal yang membuat status kepesertaan peserta bpjs kesehatan tidak aktif atau non-aktif beberapa diantaranya adalah sebagai berikut:

1. Peserta Menunggak membayar iuran bpjs.
Peraturan terbaru menyebutkan 1 bulan saja peserta menunggak maka kartu akan langsung dinonaktifkan (diblokir) dan kartu tidak bisa digunakan untuk berobat.
Baca: Cara mengaktifkan kembali kartu bpjs yang diblokir.

2. Peserta masih proses menunggu untuk pembayaran iuran pertama
Ini khususnya untuk peserta yang baru mendaftar, setelah mendaftar peserta akan mendapatkan nomor virtual account untuk digunakan sebagai no rekening pembayaran iuran, pembayaran iuran pertama baru bisa dilakukan setelah 14 hari sejak mendapatkan nomor virtual account, sebelum iuran pertama dibayarkan maka status kepesertaan dalam ke adaan non-aktif.

3. Salah satu anggota keluarga di KK menunggak iuran BPJS
Peraturan BPJS saat ini menyatakan bahwa seluruh anggota keluarga yang terdapat di KK harus ikut didaftarkan menjadi peserta BPJS, jika ada salah satu anggota keluarga menunggak iuran BPJS maka kepesertaan untuk seluruh anggota keluarga yang terdapat di KK akan menjadi nonaktif.


Jadi sudah sangat jelas sekali, untuk menentukan status aktif-tidaknya kartu bpjs sebenarnya sangat mudah sekali, ketika anda memiliki tunggakan maka status kepesertaan BPJS kesehatan anda pasti dalam keadaan non-aktif, atau selama anda belum melakukan membayar iuran pertama sampai dengan 30 hari sejak mendapatkan nomor virtual account setelah selesai melakukan pendaftaran BPJS maka status kepesertaan anda juga pasti dalam keadaan non-aktif.

3 Cara Praktis Cek Status Aktif Tidaknya Kartu BPJS Anda

Meskipun sangat mudah sekali untuk menentukan status aktif tidaknya kartu bpjs kesehatan anda, anda juga sebenarnya bisa memastikan dengan cara praktis menggunakan fasilitas cek status kepesertaan yang sudah disediakan oleh BPJS kesehatan. Beberapa cara mengetahui status aktif tidaknya kartu bpjs anda adalah sebagai berikut:

1. Melalui SMS Gateway

Untuk mengetahui status aktif tidaknya kepesertaan bpjs anda bis melalui SMS gateway. BPJS saat ini memiliki fasilitas sms gateway untuk memudahkan peserta mendapatkan informasi yang diperlukan seputar BPJS, SMS gateway menggunakan pesan SMS dalam format tertentu yang dikirim ke nomor HP yang telah ditentukan oleh BPJS, bisa menggunakan NIP, nomor kartu BPJS Kesehatan atau Nomor KTP.

Cara mengecek status kepesertaan BPJS menggunakan sms gateway adalah sebagai berikut:

NOKA<spasi>NOMOR KARTU BPJS KESEHATAN
Contoh       : NOKA  0001260979209
Kirim ke      : 087775500400
atau
NIP<spasi>NOMOR INDUK PEGAWAI
Contoh       : NIP 1962061119880001009
Kirim ke      : 087775500400
atau
NIK<spasi>NOMOR INDUK KEPENDUDUKAN (no KTP)
Contoh       : NIK 357303030987
Kirim ke      : 087775500400

2. Melalui Call Center BPJS

Cara lainnya yang bisa anda gunakan untuk mengetahui status aktif tidaknya kartu bpjs anda adalah melalui call center bpjs di nomor telepon 1500400, Caranya langsung saja lakukan panggilan telepon ke nomor 1500400, kemudian utarakan perihal maksud anda, misal "ingin mengetahui status aktif tidaknya kepesertaan BPJS kesehatan dengan Nomor BPJS : xxxx atas nama:  xxxx", Pihak BPJS akan memberikan informasi yang anda minta.

Call Center BPJS bukan hanya bisa digunakan untuk mengecek status aktif tidaknya kartu anda, namun bisa juga digunakan untuk mendapatkan informasi lainnya yang berkaitan dengan Kepesertaan BPJS, seperti keluhan, ingin mendapatkan informasi tertentu dan lain sebagainya.


3.  Melalui Fasilitas BPJS Online

Yang berikutnya adalah menggunakan fasilitas cek kepesertaan yang disediakan secara onlie di situs resmi bpjs-kesehatan.go.id, caranya adalah sebagai berikut:

a. Silahkan gunakan link (bpjs checking)

b. Anda akan diminta untuk memasukan Nomor Kartu BPJS anda dan tanggal lahir anda, seperti ilustarasi gambar di bawah ini:



anda akan mendapatkan informasi tentang tunggakan, dan lain sebagainya, jika anda sudah bisa mengakses data anda maka anda sudah terdaftar dan jika anda mendapatkan informasi tunggakan berarti dapat dipastikan kartu bpjs anda dalam keadaan nonaktif.

Sayangnya fasilitas ini kadang tidak berjalan, bisa jadi dikarenakan padatnya transaksi atau sistem dalam keadaan sedang di maintenance, jika tidak jalan, anda bisa gunakan alternatif lainnya seperti yang diuraikan diatas.

Demikian mengenai 3 Cara Praktis Cek untuk mengetahui Status Aktif Tidaknya Kartu atau kepesertaan  BPJS kesehatan, semoga bermanfaat.

loading...

30 comments:

  1. Mlam...
    Sya mw nanya, kmren sya daftar bpjsnya online jdi blum ad kartu aslinya yg ad kopian Kartunya. Jadi, saya ingin pindah faskes 1 dari pondok gede bekasi ke duren tiga pancoran, yg mw sya tanyakan apakah sya bisa merubah pindah faskes dari kantor bpjs jakarta selatan ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa mbak, jika merubah di kantor bpjs tidak sesuai ktp, dan jika faskes yang dipilihpun di daerah tidak sesuai ktp, maka salah satu syaratnya harus membuat surat keterangan tinggal dari rt-rw setempat terlebih dahulu di daerah mana ibu akan melakukan pendaftaran bpjs. silahkan langsung saja bawa syarat-syaratnya ke kantor bpjs. tapi minimal kepesertaan harus sudah 3 bulan.

      Delete
  2. Bukannya surat keterangan rt/rw dri t4 lama sya tinggal mba?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Surat keterangan tinggal di tempat baru mbak, sebaiknya pertimbangkan lagi baik-baik, sebaiknya pilih faskes di tempat dimana mbak banyak menghabiskan waktu, tak masalah meskipun faskes yang dipilih alamatnya tidak sesuai ktp.

      Oh ya jika iuran pertama belum dibayarkan silahkan cek kembali akun pendaftaran onlinenya, barangkali masih bisa di ubah

      Delete
  3. siang mba....sekolah kamikemaren tanggal 5 september 2016 dftr bpjs badan hukum ko sampe sekarang belum ada kabar email masuk ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Seharusnya 1 sampai 2 x 24 jam sudah menerima email konfirmasi, silahkan dicek juga di kotak spam khawatir masuk kotak spam email balasannya.

      Jika memang belum menerima email silahkan langsung menuju kantor bpjs setempat untuk mendapatkan informasi lebih lanjut atau bisa menghubungi bpjs center di 1500400

      Delete
  4. Mbak Cara mengetahui keanggotaan bpjs ppu masih aktif atau tidak secara online gmn y

    ReplyDelete
  5. Mba, saya dapet KIS dari RT tempat saya tinggal. Sebelumnya saya udah punya BPJS dari kantor suami. Status BPJS saya yang dari kantor bagaimana ya mba?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kepesertaan ganda seperti yang ibu alami Akan ada salah satu yang dinonaktifkan, bisa koordinasi dengan HRD kantor, jika masih aktif kemungkinan KIS akan dinonaktifkan

      Delete
  6. Mbak mo tanya...kalau saya lupa NOKA (no keanggotaan ) dimNa sya bisa ngecek atau mengetahui NOKA saya ya mbak

    ReplyDelete
    Replies
    1. NOKA bisa lihat di kartu BPJS, jika kartu hilang maka bapak segera lapor ke kantor bpjs untuk diganti dengan membawa surat kehilangan dari kepolisian

      Delete
  7. Maaf mba mau tanya, klo misal saya telat bayar iuran BPJS selama 2 bulan trus setelah saya bayar lunas kira2 brp lama kartu bisa aktif kembali. Terima kasih

    ReplyDelete
  8. Asalamu'alaikum
    Mau tanya gimana kalau ktp nya bukan e-ktp
    Aku punya kartu bpjs pas dulu kerja di bekasi trus pake ktp nya bukan yg e-ktp
    Kalau mau ganti ktp nya gimana yah

    ReplyDelete
    Replies
    1. wa'alaikum salam
      bisa berkoordinasi dengan hrd perusahaan

      Delete
  9. Saya daftar BPJS online. Sudah keluar virtual akun, dan sdh mlakukan pembayaran. namun No. kartu BPJS nya tidak bisa di cetak dan tidak muncul.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa datang ke kantor bpjsnya langsung bawa bukti pembayaran nanti akan dibuatkan di kantor bpjs karena saat ini kartunya sudah berubah menjadi KIS dan bahan plastik

      Delete
  10. Assalamualaikum,
    Maaf mau nanya,kalau seandainya saya mau bersalin di kampung halaman yg artinya bukan sesuai eilayah kartu bpjs nya apakah bisa? Bgaiman caranya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waalaikum salam.
      -Pertama silahkan tentukan dulu faskes tk 1 yang nanti akan digunakan untuk mendapatkan pelayanan kesehatan yang ada di kampung halaman ibu.

      -Minta surat pengantar ke kantor bpjs, agar bisa dilayani di faskes yang sudah dipilih.

      -datang ke faskes dengan surat pengantar tersebut.

      - Nanti pihak faskes akan memutuskan apakah proses persalinan bisa dilayani di faskes ybs atau harus di rs.

      Delete
  11. Selamat siang, saya terdaftar anggota BPJS dari 2008 hingga 2011. Saya baru mau mengklaim BPJS ketenagakerjaan saya tapi kartunya hilang dan saya tidak ingat no pesertanya. Saya coba bertanya ke perusahaan yang mendaftarkan saya BPJS sepertinya tdk bisa membantu mencarikan. Bagaimana ya cara lain mengetahui no pesertanya ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kartu baru bisa dicairkan jika bapak/ibu statusnya tidak dalam keadaan bekerja.

      Jika kartu hilang, silahkan bawa berkas persyaratan pencairan ke kantor bpjs tk terdekat.

      Petugas bpjs akan membantu melakukan penelusuran terkait kartu bpjs tk yang hilang dan jika ditemukan nanti no kartu akan diinformasikan.

      Selanjutnya petugas akan meminta untuk membuat surat kelihalangan ke kepolisian untuk melengkapi berkas pencairan.

      Delete
  12. Mb kmrn kan saya bru byr iuran pertama saya brsma calon bayi pd tgl 23 mei..
    Kemungkinan lahirannya tgl 1 atau 2 juni..
    Kira" masih aktif gak y mb krtunya..?? Apa hrs byr dl pas bln tgl 1 itu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bayar setelah 14 hari setelah VP diterima

      Nanti lakukan perbaruan untuk biodata bayi setelah 3 bulan sejak lahir.

      Delete
    2. sory bukan VP tapi VA (Virtual account) maksudnya.

      Delete
  13. Selamat pagi saya mau menanyakan BPJS saya non aktif gara2 perusahan suami belum bayar. Apakah bisa saya bayar di indomaret langsung aktif tapi untuk BPJS saya sebagai penerima upah bukan mandiri. Trims

    ReplyDelete
    Replies
    1. BPJS perusahaan nonaktif hanya perusahaan yang bisa mengaktifkannya dengan cara membayar seluruh tunggakan, dan tidak bisa dibayar sendiri

      Delete
  14. Jika sudah melakukan pendaftaran peserta mandiri, sudah keluar VA namun tidak dibayarkan slama 3bln statusnya bagaimana ya? apa harus mendaftar lagi atau tidak karena masih menerima sms tunggakan. dan rencana nya mau dimasukin ke perusahaan, apakah tunggakan akan masuk ke perusahaan atau harus dibayarkn terlebih dahulu. Trima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. This comment has been removed by the author.

      Delete
  15. Met siang, aku mau nnya nih! Knp buat krtu bpjs aku kok gk kluar? Knp dan mngapa!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Salam, untuk peserta mandiri dan PBI kartu bpjs bisa diminta di kantor bpjs setempat setelah iuran pertama dibayarkan.

      sedangkan untuk peserta BPJS PPU bisa melalui HRD perusahaan

      Delete

Anda punya pertanyaan seputar BPJS, silahkan ajukan pertanyaan anda di kotak komentar, barangkali saya bisa membantu!. Komentar Anda akan Muncul Setelah disetujui!