Ganti Kelas BPJS kesehatan masih bisa dilakukan sebelum membayar iuran pertama (tidak perlu nunggu 1 tahun kepesertaan)

Ganti Kelas BPJS kesehatan masih bisa dilakukan sebelum membayar iuran pertama (tidak perlu nunggu 1 tahun kepesertaan) - 

Ketika calon peserta bpjs kesehatan melakukan pendaftaran peserta akan diminta untuk memilih faskes tingkat 1 dan juga kelas bpjs.

Faskes tingkat 1 adalah fasilitas kesehatan seperti puskesmas, poliklinik, dokter pribadi yang harus dikunjungi pertama kali ketika peserta melakukan rawat jalan dengan jaminan bpjs. Sementara kelas bpjs adalah kelas rawat inap yang menjadi hak peserta ketika peserta menjalani rawat inap di rumah sakit.

ganti kelas bpjs tidak perlu menunggu 1 tahun jika iuran pertama belum dibayar


Ada 3 kelas bpjs yang bisa dipilih oleh peserta bpjs kesehatan ketika mereka melakukan pendaftaran, yaitu kelas 1, kelas II dan kelas III.

Perbedaan ketiga kelas bpjs 1, 2 dan 3 tersebut selain hak kelas perawatan untuk peserta ketika peserta menjalani rawat inap di rumah sakit,  juga akan menentukan jumlah iuran atau premi yang harus dibayarkan oleh peserta setiap bulannya. Umumnya kelas 1 iuran bulanannya paling besar, diikuti oleh kelas 2 dan kelas 3 bpjs.

Apakah kelas BPJS Bisa diganti ?

Banyak peserta bpjs yang ingin mengganti kelas bpjs yang dipilih sebelumnya, entah itu karena terbebani dengan besarnya iuran bulanan yang harus dibayarkan, atau karena salah memilih kelas yang terlanjur dipilih sebelumnya.


Untungnya Kelas BPJS yang diambil bisa diganti, baik naik kelas seperti dari kelas III ke kelas 2 atau kelas 1, atau pun turun kelas seperti dari kelas I ke kelas 2 atau kelas 3, namun tentu saja tidak bisa dilakukan sembarangan, karena untuk ganti atau pindah kelas ada syarat dan ketentuan yang berlaku.

Salah satu syarat ganti kelas bpjs adalah peserta yang bersangkutan harus sudah menjadi peserta bpjs minimal sudah 1 tahun, atau peserta sudah 1 tahun dari pergantian kelas sebelumnya.

Tapi bagaimana Jika peserta Baru Mendaftar, belum membayar iuran pertama, ingin ganti kelas karena salah pilih kelas, apakah harus tetap menunggu 1 tahun ?

Khusus untuk anda yang baru pertama kali mendaftar dan belum sama sekali melakukan pembayaran iuran pertama, anda masih bisa melakukan ganti kelas, dengan cara langsung datang ke kantor bpjs setempat.dengan syarat semua keluarga peserta bpjs sesuai dengan yang tercantum di KK semuanya harus memilih kelas yang sama.

Ini dijelaskan oleh petugas bpjs yang saya kutif dari situs resmi pengaduan masyarakat lapor.go.id yang menyatakan:

Saat ini sistem BPJS Kesehatan ada waktu 14 hari untuk dilakukan verifikasi administrasi bagi pendaftar baru. Apabila masih dalam 14 hari masa verifikasi administrasi dan belum membayar iuran pertama, perubahan data/kelas rawat dapat dilakukan. Perubahan data/kelas perawatan harus dilakukan untuk seluruh keluarga, apabila peserta melakukan perubahan lewat dari 14 hari masa verifikasi, maka masa 14 hari tersebut akan diulang dari hari pertama kembali.

Jadi untuk anda yang ingin mengganti kelas bpjs sementara belum membayar iuran pertama, anda masih bisa mengganti kelas yang anda pilih sebelumnya dengan datang langsung ke kantor BPJS kesehatan setempat.

Jangan lupa untuk membawa persyaratan:


Itulah artikel sederhana mengenai ganti kelas BPJS bpjs sebelum membayar iuran pertama, anda masih bisa ganti kelas tidak perlu harus menunggu 1 tahun kepesertaan.
loading...

1 comment:

  1. Maaf ka ini peraturan tahun berapa ya, saya baru saja membuat bpjs, dan mendapat sms va beserta tanggal pembayaran serta nominalnya, dan ternyata saya salah pilih kelas, saya juga sudad datangbke kantor bpjs tempat saya mendaftar, tapi kok tetep harus menunggu 1 tahun ya ka, sedangkan saya belum bayar iuran sama sekali, mohon solusinya ka, trimakasih

    ReplyDelete

Anda punya pertanyaan seputar BPJS, silahkan ajukan pertanyaan anda di kotak komentar, barangkali saya bisa membantu!. Komentar Anda akan Muncul Setelah disetujui!