Jatuh tempo pembayaran iuran pertama BPJS Kesehatan

Untuk daftar menjadi peserta BPJS  mandiri atau bpjs keluarga sebenarnya sangatlah mudah, apalagi saat ini sudah banyak disediakan cara alternatif, selain daftar secara offline ke kantor bpjs, calon peserta juga bisa daftar bpjs secara online atau daftar melalui telepon care center bpjs, sehingga dengan adanya alternatif tersebut calon peserta tidak perlu harus repot-repot datang ke kantor BPJS dan harus menunggu antrian

Setiap kali selesai melakukan pendaftaran, umumnya peserta akan mendapatkan nomor virtual account (VA) yang lebih dikenal dengan Nomor VA keluarga.

Nomor VA tersebut merupakan nomor referensi yang harus digunakan oleh peserta untuk membayar iuran pertama, di lembar nomor VA selain tercantum nomor rekening tujuan pembayaran, juga tercantum tanggal untuk melakukan pembayaran iuran pertama.

Jatuh tempo pembayaran iuran pertama bpjs


Peserta yang sudah mendapatkan nomor VA wajib membayar iuran pertama sesuai dengan tanggal yang telah dijadwalkan yang tercantum pada nomor VA tersebut, jika pembayaran iuran pertama dibayarkan tidak sesuai dengan tanggal yang tercantum, maka umumnya pembayaran tidak akan berhasil.

Jatuh tempo pembayaran iuran pertama BPJS Kesehatan

Jatuh tempo pembayaran iuran pertama sebenarnya sudah tercantum pada lembar nomor VA, tanggal pembayaran umumnya harus dilakukan mulai dari 14 hari sampai 30 hari sejak Nomor Virtual Account Diterima.

Lantas bagaimana jika pembayaran dilakukan sebelum 14 hari ?

Ya mungkin karena ketidaktahuan, ternyata banyak peserta baru bpjs kesehatan yang ingin cepat-cepat melakukan pembayaran iuran pertama, bahkan ternyata banyak yang mencoba membayar iuran pertama sebelum 14, hari...

Tapi sayang jika pembayaran iuran pertama dilakukan sebelum 14 hari, umumnya pembayaran tidak akan berhasil, dengan keterangan nomor virtual account tidak trdaftar.

Alasan harus menunggu 14 hari sebenarnya adalah adanya proses pemberkasan peserta baru tersebut, sehingga peserta diberi waktu 14 hari untuk membayar iuran pertama sejak kartu VA diterima.

Oleh karena itu untuk anda yang baru menjadi peserta bpjs, sebaiknya jangan membayar iuran pertama sebelum 14 hari sejak  nomor VA diterima, karena data anda belum dikenal pada sistem BPJS.

Bagaimana Jika pembayaran iuran pertama dibayarkan setelah lebih dari 30 hari?

Ini juga sering dipertanyakan oleh peserta BPJS baru, jika pembayaran iuran pertama dibayarkan lebih dari jatuh tempo atau setelah 30 hari sejak nomor virtual account diterima, maka umumnya data peserta tidak akan dikenal sehingga pembayaran iuran pertama tidak akan bisa dilakukan, dengan alasan nomor virtual account sudah dianggap kadaluarsa atau tidak berlaku.

Solusinya jika nomor virtual account anda sudah lebih dari 30 hari, anda tidak perlu melakukan daftar ulang dari awal, anda cukup melakukan update nomor VA atau meminta kembali nomor va yang baru dengan cara datang ke kantor BPJS setempat.

Pihak BPJS akan memberikan kembali nomor VA yang baru dengan jatuh tempo yang sama, yaitu 14 hari sampai 30 hari sejak nomo VA tersebut diterima.

Pastikan anda untuk membayar iuran pertama pada tanggal antara 14 hari sampai 30 hari sejak nomor virtual account anda terima.

Apakah Jika iuran pertama tidak dibayarkan akan terkena tunggakan ?

Sampai dengan saat ini, informasi yang saya dapatkan ketika iuran pertama tidak kunjung dibayarkan, maka peserta tersebut tidak akan terkena tunggakan, karena data kepesertaan dari peserta yang bersangkutan akan dipending, sampai peserta melakukan pendaftaran ulang guna mendapatkan virtual account yang baru.

Jadi untuk anda yang kebetulan sudah terlanjur melakukan pendaftaran, namun tidak pernah melakukan pembayaran iuran pertama dengan alasan-alasan tertentu, anda tidak perlu khawatir karena sistem bpjs tidak akan memberlakukan tunggakan bpjs untuk anda.

namun jika anda berubah fikiran, anda bisa datang ke kantor bpjs dengan membawa persyaratan pendaftaran bpjs seperti pada umumnya, katakan saja kepada petugas bpjs, pernah daftar namun tidak pernah bayar iuran pertama, pihak BPJS umumnya akan memperbaharui data pendaftaran anda dan anda akan mendapatkan nomor virtual account yang baru.





loading...

No comments:

Post a Comment

Anda punya pertanyaan seputar BPJS, silahkan ajukan pertanyaan anda di kotak komentar, barangkali saya bisa membantu!. Komentar Anda akan Muncul Setelah disetujui!